Jumat, 17 Februari 2023

CIPAK KOCEAK (aCI tePAK) "Ala siswa PKBM Mashaghi "P5 Kewirausahaan Tanggung Jawab dan Keberhasilanku


Jum'at 17 Februari 2023 Kegiatan Pembelajaran hari ini  adalah Mata Pelajaran IPA tutor Marni Lestarina,M.Pd, Bahasa Indonesia tutor Maria Dewi Ratih S.Pd dan IPS Tutor Mudrikah Zen,S.Pd.IHari ini siswa paket B PKBM MASHAGHI mencoba bereksperimen berbagai macam cemilan ke kinian . Kami sebagai Tutor memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih pembelajaran apa yang di minati Siswa. Siswa kami yang mengikuti kegiatan P5 adalah, Tiur, Novi, Chaerul umam,Wahyu, Ridwan ,Rasya, Randy,  Mari kita  pahami KONSEP MERDEKA BELAJAR MENURUT KI HAJAR DEWANTARA. " mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental , jasmani dan rohani. "Nah, di sini kami akan menerapkan tujuan dari kurikulum merdeka, yaitu "Mengembalikan otoritas sekolah dan pemerintah daerah untuk mengelola sendiri pendidikan yang sesuai dengan kondisi di daerahnya. Mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional. Menyiapkan tantangan global era revolusi 4.0."


atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif,Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa.

Dimensi Profil pancasila terkait adalah Mandiri, Kreatif, dan Gotong royong
Sub Elemen Profil Pancasila :
Mandiri :Pemahaman diri dan situasi yang di hadapi, Regulasi diri, pengendalian diri untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.
Kreatif  : Menghasilkan gagasan yang orisinal,Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal,Memiliki keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
Gotong royong : Kolaborasi, kepedulian ,berbagi

Target Pencapaian di akhir Fase D
 Mandiri  : Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi & Mengembangkan refleksi diri. Regulasi emosi, penetapan tujuan dan rencana strategis pengembangan diri dan prestasi serta memiliki inisitif dan bekerja sacara mandiri, Mengembangkan kendali dan disiplin diri, Percaya diri, resilien dan adaptif.
Kreatif : Menghasilkan gagasan yang beragam dan tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap sebuah permasalahan yang ada,Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan perasaannya kedalam sebuah karya.Mampu mengevaluasi tindakan dan gagasan yang sudah dimiliki serta mengetahui kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat umum.
Gotong royong : Kerja sama, komunikasi untuk mencapai tujuan bersama, saling ketergantungan positif & koordinasi sosial,Tanggap terhadap lingkungan, persepsi sosial,Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok supaya tercipta keselarasan dan keterbukaan dalam berbagi dengan kelompok.


Simpulan jika pembelajaran sesuai dengan minat, gaya belajar, maka siswa terbentuk karakter mandiri, percaya diri,bertanggung jawab dan kreatif.

Terimakasih kepada Ibu Ratih dan Bu Mudrikah, yang sudah siap berkolaborasi.

Sukses untuk kita semua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Strategi Merancang Buku Ajar yang Efektif,"

  Resume ke 22 Gelombang 29 Tanggal : Senin, 14 Agustus 2023 Tema : Menulis Buku Ajar Narasumber : Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd Moderator : Si...