Kamis, 23 Maret 2023

Inilah Dampak jika guru sering Memberi Reward Berupa Uang

 

                                                    

    Pendidikan adalah sebuah proses yang kompleks yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa. Salah satu tugas penting guru dalam proses pembelajaran adalah memberikan insentif atau reward kepada siswa untuk memotivasi mereka dalam belajar. Namun, beberapa guru mungkin cenderung memberikan reward dalam bentuk uang tunai sebagai penghargaan kepada siswa yang berprestasi, dan hal ini dapat memiliki dampak yang beragam pada motivasi dan perilaku siswa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dampak dari penggunaan reward dengan uang oleh guru dalam pembelajaran.

Memberikan reward kepada siswa dengan uang oleh guru dapat memiliki beberapa dampak positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Berikut ini adalah beberapa akibat dari guru sering memberikan reward dengan uang:

  1. Dampak Positif
  • Meningkatkan motivasi siswa: Reward dengan uang dapat menjadi insentif yang kuat untuk mendorong siswa untuk bekerja lebih keras dan berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik.
  • Memperkuat persepsi nilai: Siswa dapat mengaitkan penghargaan moneter dengan hasil yang diinginkan, sehingga mengembangkan pemahaman mereka tentang pentingnya kerja keras dan prestasi.
  • Menghasilkan persaingan yang sehat: Jika penghargaan uang diberikan sebagai hadiah dalam kontes atau lomba, siswa dapat merasa termotivasi untuk bersaing secara sehat, yang dapat meningkatkan kinerja mereka.

  1. Dampak Negatif
  • Mengabaikan faktor intrinsik motivasi: Jika siswa hanya mendorong untuk memperoleh uang sebagai penghargaan, mereka mungkin kehilangan rasa kepuasan intrinsik yang seharusnya datang dari pencapaian sendiri.
  • Menimbulkan masalah perbandingan sosial: Jika beberapa siswa memperoleh penghargaan uang, sementara yang lain tidak, itu dapat menciptakan perasaan tidak adil di antara siswa dan dapat memperburuk dinamika sosial dalam kelas.
  • Meningkatkan risiko penipuan: Siswa yang sangat termotivasi oleh hadiah uang dapat cenderung mencoba memanipulasi sistem atau melakukan kecurangan untuk memenangkan hadiah yang diinginkan.

Jadi, sementara memberikan reward dengan uang dapat memotivasi siswa, itu harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak terlalu sering agar tidak menimbulkan dampak negatif pada siswa dan lingkungan belajar. Selain itu, guru juga harus mempertimbangkan alternatif lain, seperti penghargaan non-monetern, seperti pengakuan, pujian, dan sertifikat penghargaan, yang dapat memberikan efek yang sama tanpa memicu dampak negatif yang terlalu besar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Strategi Merancang Buku Ajar yang Efektif,"

  Resume ke 22 Gelombang 29 Tanggal : Senin, 14 Agustus 2023 Tema : Menulis Buku Ajar Narasumber : Dr.Mudafiatun Isriyah,M.Pd Moderator : Si...